Enhancing Students’ Discussion Skills through the Two Stay Two Stray Cooperative Learning Model: A Short Literature Review

(1) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
(3) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Abstract
Keywords
References
Aji, T. P., and Wulandari, S. S. (2021). Analisis model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(3), 340–350.
Astuti, Y. P., Wahdian, A., and Jamilah, J. (2024). Penerapan model cooperative learning dengan teknik Two Stay Two Stray dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8.
Bali, M. M. E. I. (2020). Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan keaktifan belajar pebelajar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–10.
Harefa, W. A. S., Renostini, A., Gulo, H. H., and Zega, N. A. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 245–256.
Jefri, D., Dewi, O., Hidayat, M., Pathoni, H., and Fisika, P. P. (2019). Kemampuan berdiskusi dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Pair Check pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15(2), 105–114.
Kadiriandi, R., and Ruyadi, Y. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar sosiologi di SMA. Sosietas, 7(2), 23–32.
Kaleka, A. Y., and Rudhito, D. (2024). Pengembangan keterampilan berbicara melalui diskusi kelompok. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(1), 56–65.
Khoerunnisa, P., Syifa, and Aqwal, M. (2020). Analisis model-model pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 45–55.
Leniati, B. (2021). Meta-analisis komparasi keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TSTS terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 1–10.
Lonardi, S., Syamsuria, S., and Azis, E. (2024). Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 302-309.
Polii, D. J., and Polii, M. (2022). Manajemen pendidikan agama Kristen dalam ketahanan keluarga. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 117–132.
Roma, L. N., Sari, R. P., and Hardiansyah, F. (2022). Diskusi kelompok sebagai metode pembelajaran efektif. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 8(3), 45–54.
Sahalluddin, M., Susanto, D. A., and Sukmaningrum, R. (2023). Pembelajaran strategi sosial dengan mengintegrasikan teknik Two Stay Two Stray dalam penguasaan keterampilan berbicara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 32(2), 227–242.
Sukarsana, I. W. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 475–481.
Sumiatie, S. (2019). Penerapan metode diskusi kelompok melalui model Two Stay Two Stray dalam mata pelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 77–94.
Wahyuni, S. (2021). Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk peningkatan hasil belajar keterampilan diskusi siswa. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 10–18.
Article Metrics
Abstract View

Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Bumi Publikasi Nusantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.